Tips Herbal Penyakit ASMA | Tips Murah

Halo sahabat Tips murah- Kali ini saya akan share tentang tips Pengobatan Penyakit Asma
        Pada penderita asma, penyempitan saluran pernapasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan memengaruhi saluran pernapasan. Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.
Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebut bronkokonstriksi) dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat bernapas.
       Sel-sel tertentu di dalam saluran udara, terutama mastosit diduga bertanggungjawab terhadap awal mula terjadinya penyempitan ini. Mastosit di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya: - kontraksi otot polos - peningkatan pembentukan lendir - perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki. Mastosit mengeluarkan bahan tersebut sebagai respon terhadap sesuatu yang mereka kenal sebagai benda asing (alergen), seperti serbuk sari, debu halus yang terdapat di dalam rumah atau bulu binatang. Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut melakukan olah raga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu dilepaskannya histamin dan leukotrien.
       Sel lainnya yakni eosinofil yang ditemukan di dalam saluran udara penderita asma melepaskan bahan lainnya (juga leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara. Asma juga dapat disebabkan oleh tingginya rasio plasma bilirubin sebagai akibat dari stres oksidatif yang dipicu oleh oksidan.

Maka, bagi penderita asma selain obat-obatan klinis sebaiknya juga mencoba (menyediakan) obat-obatan tradisional seperti dibawah ini:


  1. Ambil kencur secukupnya. Kemudian parut dan peras. Ambil airnya dan campur dengan madu dua sendok makan serta telur ayam. Kocoklah dan diamkan sebentar baru diminum. Untuk obat luarnya, daun sirih kira-kira 7 lembar dicampur denga lada putih satu 1 sendok teh. Semuanya ditumbuk, lalu dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dada dan leher. Perlu diketahui, asma disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan. Maka, untuk membantu agar jalan nafas lebih mengembang, lakukan olah raga. Hindari udara dingin, dan perbanyak menghirup udara yang kandungan oksigennya tinggi.
  2. Anda yang menderita penyakit asma boleh mencoba khasiat empedu ayam. Caranya adalah menelan empedu ayam 1 buah setiap pagi dan lakukan terus selama 3 sampai 4 bulan. Hasilnya silahkan rasakan sendiri. Banyak penderita asma yang sembuh dengan pengobatan seperti ini.
  3. Pengobatan asma ada juga yang menggunakan rebung bambu. Caranya: rebuslah sebuah rebung bambu yang telah dikupas bersama segenggam dau saga dengan dua gelas air hingga airnya tinggal sedikit. Kemudian minumlah air rebusan tersebut setiap hari.
  4. Mungkin cara ini patut dicoba oleh anda yang menderita penyakit asma dan sering terjadi pengumpulan dahak berlebih di tenggorokan. Caranya: bangunlah pagi hari, kemudian minum air putih sebanyak 2 gelas, kemudian lakukan senam pemanasan dan lari-lari kecil di udara terbuka. Setelah itu jemurlah badan ada dibawah sinar matahari pagi, dan pijitlah leher bagian belakang berulang kali. Dengan cara ini anda akan terhindar dari asma dan penderitaan menahan dahak di tenggorokan yang sulit keluar. Selain itu, perbanyak istirahat dan hindari merokok
  5. Minyak kayu putih dicampur dengan minyak tanah digunakan juga untuk mengobati asma. Apabila ada anggota keluarga anda yang mengidap asma, dan kambuh malam hari, maka punggungnya diolesi saja dengan campuran minyak tadi.
  6. Ada resep herbal tradisional yang menganjurkan pengobatan asma dengan kacang hijau. Caranya: Ambilah satu gelas kacang hijau lalu goreng sampai hitam (seperti kalau menggoreng kopi). Setelah itu kacang hijau tersebut digiling halus, dan simpan dalam tempat tertutup. Cara penggunaan: ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau lalu seduh dengan air panas, boleh ditambahkan sedikit madu atau gula. Minumlah setiap pagi
  7. Untuk sesak napas, anda dapat mengobatinya dengan bunga kenanga. Ambil bunga kenanga 2 sendok makan dan air bersih 2 gelas. Rebus bunga kenanga tersebut hingga airnya tinggal separuh, kemudian saring. Air saringan di minum sehari dua kali, pagi dan sore secara teratur
Sekian share tentang Tips Herbal Penyakit Asma Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tips Herbal Penyakit ASMA | Tips Murah"

Post a Comment